Sinopsis Koleksi Khutbah Ponpes Ngalah

Sinopsis Koleksi Khutbah Ponpes Ngalah

Cover Koleksi Khutbah ala Ponpes Ngalah edisi 3
Secara umum, ibadah terbagi menjadi dua macam; ibadah mahdhoh dan ghoiru mahdhoh. Ibadah mahdhoh adalah ibadah murni seperti sholat, puasa, haji dan berbagai bentuk ibadah murni lainnya. Sedangkan ibadah ghoiru mahdhoh adalah yang bukan murni ibadah, seperti berbuat baik pada tetangga, mendirikan panti asuhan dan mengasuh anak yatim, mendirikan sekolah dan masjid, dan lain sebagainya.
Ibadah itu sendiri dibagi menjadi 10 bagian, yang 9 bagian ada dalam penghidupan, dan yang 1 bagian ada dalam ibadah murni. Dan keselamatan manusia itu juga dibagi menjadi 10 bagian, yang 9 bagian ada dalam diam, dan yang 1 bagian dengan menjauhkan diri dari manusia.

Keselamatan diri memang terletak pada bagaimana kita bisa menjauhkan diri dari manusia, namun di sisi lain ibadah yang paling banyak adalah dengan berinteraksi dengan mereka. Oleh karena itu, dari hadits di atas dapat dipahami bahwa seorang muslim hendaknya mampu untuk menjaga keseimbangan antara hubungannya dengan Allah (habl min-Allaah) maupun hubungannya dengan manusia (habl minannaas).
Buku ini memuat khutbah dengan bahasa yang sederhana yang kiranya dapat diterima oleh masyarakat secara umum.

Tambah komentar







Kode keamanan
Refresh


 

Buku Terbaru

Share on Google Plus

About Wawasan kita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Comments
0 Comments
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger