Sinopsis Fiqih Galak Gampil


Cover Jawabul Masail edisi 1
Ad-Diinu yusrun, agama itu mudah, tak mempersulit pemeluknya. Islam memberikan berbagai opsi jawaban kepada pemeluknya terkait berbagai bidang permasalahan kehidupannya.
Al-Qur’an dan al-Hadits sebagai pondasi utama para ulama salaf dalam meletakkan berbagai macam hukum fiqhiyyah. Semua hukum tersebut diletakkan dengan selalu berlandaskan pada prinsip Maqashid Syar’iyyah yang meliputi lima hal, yaitu hifdz al-nafs (perlindungan hidup dan keselamatan jiwa raga), hifdz al-din (perlindungan hak meyakini dan menjalankan agama), hifdz al-‘aql (perlindungan keselamatan, perkembangan dan pendayagunaan akal-budi), hifdz al-mal (perlindungan hak atas harta benda atau kekayaan yang diperoleh secara sah), dan hifdz al-nasl (perlindungan hak keturunan).

Tidak jarang hasil interpretasi para ulama terhadap dua pondasi utama hukum fiqih terjadi silang pendapat. Perselisihan tersebut tidak seharusnya dijadikan bahan perpecahan, namun hendaknya perselisihan tersebut diletakkan secara proporsional agar bisa menjadi solusi terbaik untuk memecahkan berbagai problematika umat.
Buku ini mengangkat berbagai macam persoalan secara proporsional tentang tradisi keagamaan yang berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat muslim Indonesia.
Share on Google Plus

About Wawasan kita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Comments
0 Comments
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger